Tol Gempol-Pandaan Beroperasi Agustus 2013

Horeee! Gempol-Pandaan, Jawa Timur bakal ada jalan tol. Proyek pemerintah pusat sepanjang 13,15 Km ini ditargetkan rampung dan bisa dioperasikan Agustus 2013.

Didampingi Gubernur Soekarwo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak hadir dalam prosesi pemancangan tiang pertama di Gempol, Pasuruan, Rabu (4/4/2012).

"Dijadwalkan 15 bulan, namun segala upaya akan kita lakukan untuk mempercepat. Yang jelas 2013 sudah dioperasikan," kata Hermanto Dardak.

Jalan tol Gempol-Pandaan akan dibangun PT Margabumi Adhikaraya, perusahaan patungan antara PT Jasa Marga dan PT Transmarga Jatim Pasuruan, mayoritas saham dimiliki PT Jasa Marga. Pembangunan jalan tol ini menghabiskan anggaran Rp 1,2 triliun. Dana tersebut berasal dari modal sendiri dan pinjaman dari Bank Panin.

Jalan tol ini akan memudahkan angkutan barang dan jasa yang menghubungkan Surabaya dengan wilayah Selatan Jawa Timur. Sehingga, akan menjadi jalur utama di Jawa Timur. Termasuk mempercepat angkutan hasil produksi industri manufaktur di Pasuruan dan Malang ke Pasar atau pelabuhan.

"Jalan tol ini akan semakin meningkatkan perekonomian Jawa Timur," jelasnya.

Menurut Direktur Utama PT Margabumi Adhikaraya, Setiyono, jalan tol Gempol-Pandaan dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama Gempol-Tamandayu sepanjang 12,6 Km dan Pandaan-Karangjati sepanjang 1,5 Km.

"Konsesi pengelolaan jalan tol selama 35 tahun," kata Setiyono.

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top