Khofifah Bersama Pangdam

Tanam Rumput Vetiver Antisipasi Longsor di Ranu Pani Lumajang

Senduro - Khofifah Indar Parawansyah Gubernur Jatim dan Pangdam V Brawijaya bersama Muspida Lumajang melakukan penanaman rumput vetiver. Lokasi penanaman berada di kawasan wisata Desa ranu Pani Kecamatan Senduro.

"Kita tanam rumput vetiver untuk antisipasi agar tidak terjadi longsor," ujar Khofifah, Sabtu (15/02/2020).

Disamping antisipasi longsor, penanaman rumput vetiver untuk mencegah terus berlanjutnya sidimentasi danau. Rumput yang memiliki akar yang kuat akan ditanam disekitaran lahan pertanian, sehingga saat turun hujan, tanah dari ladang tidak akan turun dan masuk ke danau.

"Kita berharap upaya ini bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi Ranu Pani," paparnya.

Usai melakukan penanaman, Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga mengajak Ibu Khofifah melihat Ranu Regulo. Dimana, Pemkab Lumajang akan melakukan pembangunan Ranu Regulo sebagai salah satu daya tarik wisata.

Letkol Inf. Ahmad Fauzi, Komandan Kodim 0821 Lumajang mengaku akan melakukan pengawasan berkala perkembangan rumput vetiver. Dandim mengajak masyarakat Ranu Pani bersama-sama menjaga rumput vetiver dan diharapkan bisa ditanam di sekitaran ladang-ladang warga.

"Kita akan lakukan pemantauan berkala pertumuhan rumput vetiver. Semoga bisa tumbuh dengan baik dan bisa mencegah terjadinya longsor," pungkasnya.(Yd/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top