Kuliner Khas Penanggal

Nikmatnya..! Sego Tedok Makanan Khas Tirtosari View Lumajang

Candipuro - Berjejer piring dari anyaman bambu, terlihat 5 orang gotong royong menghias piring bambu dengan nasi dan lauk pauk. Sesekali antar mereka saling tegur sapa, saling mengingatkan hingga siap sajinya Sego Tedok di Warung Mbak Riami.

"Ini sambalnya belum buk," kata pelayan cantik yang kutaksir usianya sekitar 20 an.

Sesegera mungkin pelayan lainya, memberikan sambal dengan cobek mungil asli dari batu kepada pelayan cantik itu.

Begitu gambaran keseruan dapur Warung Mbak Riami, saat digeruduk puluhan pembeli yang antri hidangan Sego Tedok.

Warung Mbak Riami terletak di Pemandian Tirtosari, di Dusun Sumber Sari, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro. Sekitar 5 bulan belakangan ini, menyita perhatian pengunjung wisata berkat inisiatif sajian makanan ala jaman dulu.

"Tedok itu piring dari anyaman bambu, 5 bulan lalu saya mulai jualan Sego Tedok yang kami ramu, seperti makanan khas zaman dulu,"ungkap Riami Rinda Sari pemilik Warung Mbak Riami, Sabtu (07/11/2020).

Didalam piring cantik tersebut, dilengkapi nasi dan lauk pauk yang menggugah selera makan pengunjung wisata Tirtosari. Nasi yang disajikan unik masih dibungkus daun pisang seperti gunung yang datar, dengan lauk pauk khas pedesaan. Tempe, Tahu, Dadar jagung, Ikan asin, Urap-urap dan Sambal.

"Aroma nasi akan berbeda jika dibungkus daun pisang,"jelas wanita 38 tahun tersebut.

Berjalan lima bulan Riami jualan Sego Tedok, kini dia mampu menjual hingga 100 porsi tiap harinya.

"Pembeli suka yang unik-unik, suka nuansa jaman kuno,"paparnya.

Keahlian Riami meracik tampilan makanan khas kuno, sudah dia tekuni sejak kecil. Dia ketika kecil sering kirim makanan pada buruh tani, dengan bungkus daun pisang.

"Saya itu ketika kecil kirim makanan ke sawah juga dibungkus daun pisang mas,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Berita Terkait
Back to Top