Kunjungi Pesantren

La Nyalla Ketua DPD RI Buka Seminar di IAI Syarifuddin Lumajang

Kedungjajang - AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI melakukan kunjungan ke Lumajang. LaNyalla Mengunjungi pesantren KH Syarifuddin Wonorejo dan Ponpes Miftahul Ulum Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto.

Ketua DPD RI membuka Seminar Nasional di IAI Syarifudin dengan tema "Peran Pondok Pesantren dalam Kemajuan Indonesia". LaNyalla menyabut pesantren tidak hanya berperan dalam memajukan Indonesia, tapi memiliki saham besar dalam kemerdekaan Indonesia.

"Tidak diragukan lagi, pesantren memiliki saham besar dalam kemerdekaan dan mempertahankannya," ujar LaNyalla saat sambutan, Kamis (18/02/2021).

Puncak dari perjuangan pesantren saat resulusi jihad 22 Oktober 1945 oleh KH. Hasyim As'ari. Penghargaan negara dengan peran penting pesantren dengan menetapkan tanggal 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional (HSN).

"Banyak juga tokoh-tokoh pesantren yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional," paparnya.

Sejak dulu, pesantren menjadi prototype civil society yang mandiri dan bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan masyarakat. Sampai di era kemerdekaan, pesantren tetap mempertahankan karakternya ditengah kemajuan tekhnologi.

"Pesantren menjadi prototype civil society yang bisa menyelesaikan berbagai macam persolan di masyarakat," pungkasnya.(Yd/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top