Manecu Bisa Diolah

Kripik Buah Sodik Duren Klakah Lumajang Bikin Tak Henti Ngunyah

Klakah - Bicara tentang Kripik Buah, mungkin dibenak kita akan tergambar khas oleh-oleh dari Kota Malang. Warga Lumajang tak perlu jauh-jauh ke kota seberang, Ditangan Ahmad Sodik warga Duren Klakah Lumajang, aneka buah disulap jadi kripik gurih.

Dia mengungkapkan, jika awalnya muak melihat melimpahnya hasil alam di Lumajang yang tidak dapat dipola menjadi aset kota yang membanggakan.

"Klakah itu mas hasil alamnya luar biasa, dari Nangka, Manecu, Pisang dan masih banyak lagi,"ujarnya saat ditemui Lumajangsatu.com di rumahnya Dusun Krajan, Desa Duren, Kecamatan Klakah, Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan usahanya mulai dirintis pada tahun 2017, ketika ditawari desa untuk membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tawaran tersebut menjadi obat atas kegelisahanya tidak mampu memaksimalkan potensi desa.

"Saya ajukan beli alat penggorengan mas uangnya,"katanya.

Meski belum maksimal usaha Kripik Buahnya, karena terkendala alat penggorengan yang hanya 1, namun hasil olahan Kripik Buahnya digandrungi warga Klakah.

"Saya itu mas tidak pernah memasarkan keluar, habis untuk warga sini,"ujarnya.

Dia menjelaskan jika tidak mampu memenuhi pemesanan. Kini dalam seminggu dengan 1 alat penggorengan dia mampu memproduksi 15 Kilo Kripik Buah.

"Satu minggu saya mampu manjual 105 bungkus mas. 150 gram 15 Ribu mas,"katanya.

Keinginan Sodik untuk membesarkan usaha Bumdesnya secara perlahan mulai terjawab, Dia mendapatkan bantuan satu alat penggorengan besar dari pemerintah, namun masih perlu direnovasi untuk bisa memaksimalkan kualitas produksi.

"Ini ada bantuan mesin baru mas, tapi masih saya renovasi karena hasil penggorenganya tidak bagus,"ungkapnya.

Lumajangsatu.com juga berhasil melakukan wawancara dengan salah satu pembeli Kripik Buah Sodik. Fitri pelanggan Kripik Buah Sodik mengungkapkan jika dia kecanduan karena rasanya enak dan gurih.

"Enak mas, saya sukanya Kripik Nangka. Sekarang tidak perlu nunggu oleh-oleh dari Malang,"katanya. (Oky/ls/red)

Ahmad Sodik menjual berbagai macam Kripik Buah diantaranya.

1. Kripik Nangka.

2. Kripik Manecu.

3. Kripik Mangga.

4. Kripik Pepaya.

5. Kripik Rambutan.

6. Kripik Waluh.

7. Kripik Tape.

Jika penasaran dengan gurihnya Kripik Buah Sodik, silakan datang kerumahnya atau bisa menghubunginya di 085-315-818-383.

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top