Mengabdi Untu Indonesia

Kilat, Kuat, Tegas, Motto dari AKBP Adewira Negara Siregar di Lumajang

Lumajang - Belum genap 6 bulan menjabat Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar akan bergeser ke Mabes Polri menduduki jabatan baru yaitu, Kasubbaglekdikbangum Bagledik Rodalpers SSDM Polri. Sementara itu sebagai penggantinya adalah, AKBP Deddy Foury Millewa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Manokwari Polda Papua Barat.

Meski dalam waktu yang singkat, namun sudah banyak prestasi yang diukir oleh AKBP Adewira Negara Siregar, terutama dalam hal pengungkapan kasus kriminal dan Narkoba. Sebagai bentuk keseriusan untuk menangani kasus kejahatan termasuk, begal, curnamor dan pencurian hewan (curwan),  AKBP Adewira sudah membentuk Unit Reaksi Kecil (URK) Reaksi Cepat Anti Bandit (RCAB) yang bermarkas di Pos pantu depan pasar Baru Lumajang.

Dari catatan yang ada selama kepemimpinan AKBP Adewira Negara Siregar, Polres Lumajang berhasil mengungkap beberapa kasus kejahatan. Mulai dari pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), pencurian hewan (Curwan), premanisme, asusila, penyalahgunaan obat-obatan terlarang termasuk Narkoba mapun tindak pidana asusila.

Untuk ungkap kasus narkoba,  sebanyak 45 kasus. Terdiri dari Obat keras berbahaya (Okerbaya) 11, ganja 0, Sabu 32 kasus dengan rincian laki-laki 27 orang dan perempuan 5 orang. adapun jumlah barang bukti (BB) yang berhasil diamnkan adalah, 2.479 butir Okerbaya, Sabu sebanyak 135.07 gram.

Sedangkan Untuk jumlah ungkap kriminalitas termasuk curanmor, curwan, premanisme dan asusila sebanyak 63 tersangka. Terdiri dari 27 begal, curanmor, 15 curwan 16 tersangka. Dari data tersebut, sebagian sudah menjalani masa hukuman dan sebagian lagi masih dalam proses pemeriksaan.

Di masa pandemic Corona atau Covid 19 ini. banyak langkah atau upaya yang dilakukan AKBP Adewira Negara Siregar. Dintaranya, melakukan sosialisasi serta penyeprotan Disinfektan besama jajaran Muspida menggunakan kendaraan water canon di ruas jalan di perkotaan dan pedesaan.

Sebagai bentuk sosial dan peduli kepada warga yang terdampak pandemik AKBP Adewira Negara Siregar rela mengemudikan kendaraan roda 3 untuk membagikan beras  dan masker secara langsung kepada warga yang ada di perkampungan maupun kepada pedagang asongan yang ada di pinggir jalan.

Terlebih memasuki bulan suci Ramadan, hampir setiap hari Polres Lumajang selalu membagikan beras dan makanan nasi bungkus kepada tukang becak maupun warga lainnya.

Sementara itu menurut AKBP Adewira Negara Siregar ditemui di sela-sela kesibukannya menjelaskan, pergantian jabatan atau mutasi dalam kubu Polri adalah hal yang biasa dan itu akan dialami oleh setiap anggota Polri dimanapun berada. Menurutnya, semua itu adalah bagian tugas serta jejang karir bagi setiap angota Polri.

“Kalau boleh jujur, saya pribadi masih betah dan krasan tinggal di Lumajang. Namun karena jejang karir yang  harus saya jalani, maka saya sendiri harus siap menjalankan apa yang menjadi perintah atasan,” terang AKBP Adewira. (ind/ls/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top