Wisata Tirtosari View

Inovasi Desa Penanggal Lumajang Wisata Untuk Kesejahteraan Warga

Candipuro - Desa Penanggal Kecamatan Candipuro terus berbenah dengan memanfaatkan potensi wisata untuk kesejahteraan warganya. Tirtosari View, wisata pemandian alam yang viral dalam 5 bulan terakhir bisa memberikan pendapatan yang besar bagi desa.

Saat acara Jagong Wisata yang digelar Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL) Kades Penanggal Cik Ono menyampaikan bahwa hasil dari Tirtosari View dikembalikan kepada masyarakat. Seperti santunan kematian, operasional masjid, pesantren dan tunjangan guru ngaji serta guru honorer.

"Kita kembalikan untuk kesejahteraan warga Penanggal. Alhamdulilah selama 3 bulan terakhir pendapatan Tirtisari View sudah besar," jelas Cik Ono, Minggu (09/02/2020).

Tirtisari View dikelola oleh Desa dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata dan Karang Taruna. Sebelum dikelola maksimal, pemandian tersebut hanya bisa menyumbang pemasukan pada hari Minggu saja. "Itupun paling banyak Rp.1.800.000," imbuhnya.

Setelah dikelola dengan baik, ditambah kolam mandi anak-anak, spot foto di dalam air dan outbond, selama satu bulan pendapatan Tirtosari View bisa tembus 40 juta. "Hasilnya untuk pengembangan wisata dan juga kita kembalikan kepada masyarakat Penanggal," pungkasnya.(Yd/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top