Gunung Bromo

Dua Desa di Lumajang Mulai Rasakan Hujan Abu Vulkanik Bromo

Lumajang (lumajangsatu.com) - Hujan abu vulkanik gunung Bromo saat ini sudah sampai di dua Desa di Lumajang. Desa Argosari dan Kandangtepus Kecamatan Senduro mulai merasakan hujan abu vulkanik Bromo.

Wawan Hadi S, Kabid Penanggulangan, Kesiapsigaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang menyatakan yang paling terdampak adalah Desa Argosari. Sebab, berbatasan langsung dengan gunung Bromo yang hingga kini masih menyemburkan abu vulkanik.

"Argosari dan Kadangtepus di Kecamatan Senduro yang mulai merasakan abu vulkanik," ujar Wawan, Rabu (27/03/2019).

Bagi warga yang akan melakukan aktifitas diluar rumah dihimbau menggunkan masker, penutup kepala dan kacamata. Sebab, abu vulkanik sangat berbahaya bagi mata dan saluran pernafasan.

BPBD juga sudah membagikan sekitar 4.500 masker kepada warga Argosari. Saat ini, informasinya dari PMI Lumajang juga menuju dua desa tersebut untuk membagikan masker.

"Kita sudah membagikan masker kepada warga dan menghimbau warga agar menggunkan masker saat keluar rumah," pungkasnya.(Yd/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top