Abu Vulkanik Sudah Reda

Cak Thoriq Paparan Kondisi Semeru Pada Mensos Tri Rismaharini

Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq memaparkan kondisi terkini bencana gunung Semeru pada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Mensos datang membawa bantuan sembako yang diberikan kepada Pemerintah Lumajang untuk disalurkan pada korban bencana.

Kondisi terkini Semeru sudah aman dan tidak lagi menyemburkan abu vulkanik. Namun, yang dikhawatirkan adalah dampak skunder dari material erupsi Semeru yang masih banyak di aliran lahar dan puncak Semeru.

"Yang kita khawatirkan adalah dampak skunder dari erupsi. Lahar dingin akan melanda jika ada hujan deras," papar cak Thoriq, Senin (18/01/2021).

Saat semburan abu vulkanik (16/01) dampak hujan abu mengarah ke uatara dan warga di Pronojiwo tidak terdampak sama sekali. Kecamatan, Candipuro Pasrujambe, Senduro, Gucialit dan perbatasan Probolinggo yang terkena dampak hujan abu.

"Hujan abu mengarah ke utara Semeru hingga sampai ke perbatasan Probolinggo," jelasnya.

Saat ini, tim BPBD dan relawan masih siaga untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bencana datang tidak direncanakan dan bisa datang kapan saja tanpa memberi tanda.(Yd/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top