Penyebab Puluhan Rumah Terendam di Rowokangkung

Cak Thoriq dan Dandim Lumajang Kerja Bhakti Perbaiki Tanggul Jebol

Rowokangkung - Jebolnya tanggul sungai Genitri mengakibatkan puluhan rumah di Dusun Genitri Kidul, Desa Rowokangkung terendam air dengan tinggi antara 10-40 Cm. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol.Inf. Ahmad Fauzi yang datang ke lokasi banjir bersama beberapa relawan dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul dengan tumpukan sak berisi tanah, Minggu (23/2/2020)

"Tanggul jebol karenanya derasnya arus sungai akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga mengakibatkan gronjong (tanggul pembatas) Sungai Genitri jebol." ujar Cak Thoriq.

Menurut dia, pihaknya akan berupaya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang bersangkutan dengan Sungai Genitri.Pemerintah akan terus berikhtiar untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin agar kedepannya tidak lagi terjadi banjir

"Tahun lalu gronjong pembatas sungai telah dipasang. " jelasnya,

Gronjongan yang dipasang ditahun 2019 lalu belum bisa menahan arus sungai, sehingga kembali jebol. Bupati berharap, ke depan akan dilakukan pembangunan tangkis sungai yang bisa menahan derasnya air akibat hujan lebat.

Dari hasil kerja bhakti sudah terpasang tanggul untuk menahan derasnya air sungai sudah selesai 100 %. dengan panjang 15 meter, lebar : 2 meter dan tinggi : 5 meter menggunakan kurang lebih 1000 sak berisi tanah. (hms/ls/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top