Semeru Batuk itu Normal

BPBD Lumajang Himbau Warga Tenang Saat Semeru Keluarkan Lava Pijar

Lumajang - Menyikapi naiknya stutus Gunung Semeru di Waspada level 2 serta berimbas pada penutupan pendakian Gunung Semeru. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang angkat bicara, masyarakat dihimbau tetap tenang.

Wawan Hadi, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengungkapkan jika aktivitas Gunung Semeru masih Waspada Level 2, dia menghimbau masyarakat tidak panik, tetap tenang dan selalu waspada.

"Lava pijar itu masih jauh, masih diatas kawah sepanjang 1 kilo, masih jauh dari pemukiman dan hutan di lereng semeru," jelasnya pada Lumajangsatu.com, Senin (30/11/2020).

Dia menjelaskan jika adanya lava pijar serta adanya letusan merupaka bagian dari rutinitas gunung berapi aktif dan Gunung Semeru statusnya ada di Waspada level 02.

"Status gunung itu ada 4. Normal, Waspada, Siaga, Awas,"katanya.

Untuk saat ini masih tidak ada tindakan dari BPBD Lumajang, karena aktifitas Gunung Semeru masih dalam skala wajar dan tidak berbahaya.

"Kecuali posisi Semeru siaga baru kita lakukan, ini masih situasi Waspada jadi masih aman,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

lumajangsatu.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Loading...
Back to Top